Mudikajasri’s Blog

Mengenal Mudika St. Ignatius Jasri

faith-hope-and-charity

Tidak diketahui dengan pasti kapan persisnya Mudika St. Ignatius Jatiwaringin Asri (Jasri) terbentuk. Mudika ini sudah ada sejak beberapa orang warga Katolik tinggal di komplek Perumahan Pertamina Jatiwaringin Asri, Pondok Gede, Bekasi. Sejak itu kaum mudanya sudah sering berkumpul dengan agenda kegiatan doa bersama, latihan koor, dan membantu warga katolik membayar rekening listrik.

Angkatan pertama Mudika St. Ignatius Jasri memiliki anggota dari lingkungan perumahan Jatiwaringin Asri dan di luar lingkungan perumahan tersebut. Angkatan pertama ini tidak bertahan terlalu lama karena beberapa anggotanya kemudian menikah dan memisahkan diri setelah membentuk keluarga. Tanpa adanya regenerasi kepengurusan dan anggota, kegiatan Mudika pun untuk sementara waktu terhenti.

Angkatan kedua Mudika St. Ignatius Jasri kemudian muncul. Berawal dari anggota-anggotanya yang sebelumnya mengikuti kegiatan Bina Iman Anak di bawah asuhan Ibu Paula Soemasta dan Ibu Tontey, mereka yang merasa dirinya sudah remaja dan dewasa kemudian memisahkan diri dari kelompok Bina Iman Anak dan membentuk wadah sendiri yaitu Mudika St. Ignatius Jasri.

Angkatan kedua ini memiliki agenda kegiatan yang masih sama seperti pendahulunya (kecuali membayar rekening listrik), ditambah dengan kegiatan bakti sosial ke panti asuhan, mengikuti perlombaan paduan suara dan olah raga di Paroki Kalvari Lubang Buaya, mengadakan bazar buku murah, sampai dengan kegiatan rekreasi bersama dari nonton film bareng sampai pergi ke tempat wisata. Dengan Pembina Mudika Ibu Seki Pusaka dan mas Didik, Mudika St. Ignatius Jasri di bawah kepemimpinan Irma dan Alfa ini berjalan cukup baik, dan memiliki jumlah anggota yang cukup banyak, dari tingkat SMP sampai SMA, serta aktif berkumpul.

Mudika St. Ignatius Jasri terus melakukan regenerasi kepemimpinan, hingga yang terakhir diketuai oleh Beta. Pada saat inilah muncul anggota-anggota baru yang bisa disebut Angkatan ketiga. Meskipun saat ini kegiatan Mudika tampak terhenti sementara, lagi-lagi karena kesibukan pribadi masing-masing pengurus dan anggotanya. Namun demikian sudah banyak kegiatan bermanfaat yang dilakukan oleh Mudika St. Ignatius Jasri angkatan ketiga ini, antara lain menyelenggarakan Misa Kudus khusus Mudika dengan mengundang Romo Nugroho Pr seperti yang baru saja dilakukan bulan Oktober 2008 lalu di rumah Regina dan Angel, salah satu anggota dari angkatan ke-2 yang masih aktif hingga saat ini.

Mari kita bersama mendoakan agar Mudika St. Ignatius Jasri bisa tetap eksis mengadakan kegiatan positif untuk menumbuhkan iman secara rohani dan jasmani, dan tetap mampu berkarya mewartakan kabar gembira bagi semua orang.

Semoga Tuhan memberkati segala niat baik dan upaya Mudika St. Ignatius Jasri untuk menjadi muda-mudi yang mampu membawa pesan damai bagi dunia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: