Mudikajasri’s Blog

Ada Rencana Tuhan dalam setiap Kehidupan Kita

Posted on: November 27, 2008

in_the_world_of_paradize

Sahabat Mudika terkasih,

Dalam setiap kehidupan selalu ada kegembiraan dan kesedihan. Kadang keduanya dapat datang pada saat yang bersamaan. Saat kegembiraan datang, kita sering lupa mengucap syukur, sementara saat kesedihan datang, kita tidak henti-hentinya berseru supaya Tuhan mendengarkan kita.

Saya ingin memberikan sedikit sharing mengenai pengalaman saya mengalami kegembiraan dan kesedihan sekaligus dalam waktu yang hampir berdekatan. Di dalam situasi itu, saya merasakan adanya rencana Tuhan yang indah di dalam kehidupan saya. Semoga Sahabat Mudika terkasih dapat memetik pelajaran iman dari sharing saya ini.

Kurang lebih 2 tahun yang lalu, saya dan keluarga saya sangat sibuk. Kami tengah mempersiapkan hari perkawinan saya di bulan Februari, bulan penuh cinta karena adanya Valentine’s Day. Saya dan tunangan sangat menantikan hari bahagia ini. Persiapan pernikahan kami sungguh menyita banyak waktu dan tenaga, namun kami sungguh menjalaninya dengan perasaan senang dan excited. Satu-satunya yang kami harapkan adalah semua persiapan yang kami lakukan dapat memberikan hasil yang terbaik untuk hari H kami berdua. Hari bahagia yang sudah dinanti-nanti!


Namun, Sahabat Mudika yang terkasih, kira-kira 3 minggu sebelum hari H pernikahan kami, saya dan keluarga menerima kabar bahwa eyang putri kami (mbah kami satu-satunya yang masih tersisa) jatuh sakit dan harus diopname. Usia beliau memang sudah cukup tua, 82 tahun. Saya dan tunangan merasa memiliki ikatan yang cukup dekat dengan beliau, mengingat saat kami kuliah kami sering mengunjungi beliau karena kampus kami dekat dengan tempat tinggal beliau. Beliau pernah berjanji pada saya, jika diberi ijin oleh Tuhan, beliau ingin datang melihat perkawinan cucu-cucunya yang perempuan, dimana saya adalah salah satunya yang akan segera menikah dalam waktu dekat.

Saat itu kami berdua juga keluarga besar saya tiba-tiba dilanda kecemasan, karena sakit beliau ternyata cukup memprihatinkan, sementara usia beliau sudah sangat tua, besar kemungkinan beliau tidak dapat sembuh. Saya, tunangan, dan keluarga besar hanya berharap beliau masih bisa sembuh lewat tangan-tangan dokter yang ahli, paling tidak beliau mampu menghadiri pernikahan saya yang tinggal beberapa minggu lagi.

Saya dan keluarga sungguh cemas bagaimana jika pesta pernikahan ini nantinya batal karena kami semua sangat mencemaskan keadaan eyang, sementara persiapan pesta sudah hampir selesai?

Dan ternyata, Tuhan memberi jawaban, Sahabat Mudika… Dia punya rencana lain yang tidak kami duga…

Tepat seminggu sebelum pernikahan saya, Tuhan memanggil eyang putri kami tercinta ke pangkuanNya. Tentu saja hal ini menyebabkan kesedihan yang teramat dalam bagi keluarga besar kami, juga bagi saya dan tunangan… tapi di balik semua itu, kesedihan ini membawa hikmah…

Mungkin eyang putri kami sudah tahu hal ini harus terjadi… dan mungkin Tuhan sendiri turut campur tangan meyelesaikan permasalahan kami…

Karena eyang telah berpulang kepada Bapa, maka pesta pernikahan tetap dapat terlaksana sesuai jadwal yang ditetapkan. Bayangkan bagaimana rasanya menjalani pesta pernikahan setelah seminggu sebelumnya kesedihan melanda kami sekeluarga… sungguh campur aduk tak terkira… kami gembira tapi kami juga sangat bersedih hati….

Namun karena kemurahan hati dan rahmat Tuhan jualah, maka segala sesuatu tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya dan sejalan dengan rencana-Nya. Meskipun kehadiran eyang yang sesungguhnya saya harapkan tidak terjadi, saya tetap bersyukur, mungkin Tuhan memberikan yang terbaik bagi eyang dan juga bagi saya sekeluarga…

Ingatlah Sahabat Mudika yang terkasih… rencana Tuhan bukanlah rencana kita, dan rencana kita bukanlah rencana Tuhan… yang bisa kita lakukan hanyalah banyak berdoa dan berpasrah pada-Nya dalam setiap peristiwa kehidupan … karena tidak ada seorang pun yang tahu, maka tetaplah bersyukur di dalam suka, duka, gembira maupun sedih… Tuhan punya rencana yang terbaik.

Ditulis oleh : Irma H.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: